Kamis, 07 Mei 2015

Kiat-kiat Sukses SNMPTN dan SBMPTN 2015

SNMPTN merupakan ajang bergengsi yang tidak kalah serunya dengan ajang-ajang seperti Indonesian Idol, AFI dan lain-lain. SNMPTN sangat ditunggu-tunggu oleh adik-adik yang sebentar lagi akan lulus SMA selain mempersiapkan untuk Ujian Nasional adik-adik juga harus mempersiapkan secara matang untuk kuliah di PTN favoritnya. Salah satunya adalah jalur SNMPTN yang merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya. 
Hal yang harus diperhatikan oleh adik-adik agar sukses SNMPTN adalah
  1. Pahami potensi diri sendiri untuk memilih jurusan yang diinginkan.Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan, peluang masuknya, dan jenjang kariernya setelah lulus nanti serta yang tidak kalah pentingnya adalah akreditasi dari jurusan tersebut usahakan yang terakreditasi A, atau B juga boleh.
  2. Setelah mengetahui potensi diri kita, kemudian pilih PTN yang ada jurusan yang akan adik-adik pilih nanti. Lihat kuota untuk jurusan yang adik-adik tersebut untuk mengetahui berapa persen peluang masuknya.
  3. Analisa Rapor dan Prestasi-prestasi adik-adik selama SMA dari kelas X sampai kelas XII
  4. Untuk memilih PTN adik-adik juga bisa lihat dari Alumni SMA adik-adik tahun-tahun sebelumnya yang masuk di PTN tersebut. ( Karena PTN juga akan memperhatikan hal tersebut, apalagi jika Alumni SMA adik-adik berprestasi di PTN tersebut. *ini menjadi point peluang tambahan*)
  5. Cari info sebanyak-banyaknya dari Alumni SMA adik-adik mengenai perkuliahan, jangan malu untuk bertanya.
  6. Setelah adik-adik mengerti jangan lupa berdoa meminta petunjuk kepada Allah SWT agar apapun yang adik-adik pilih di Ridhoi dan di Berkahi oleh Allah SWT.
  7. Jangan lupa juga meminta doa kepada orang tua, guru-guru dan sahabat adik-adik.
  8. Semoga sukses SNMPTNnya.
Yang tidak kalah pentingnya lagi buat adik-adik yang kesulitan biaya, jangan pernah takut. Karena materi bukan halangan untuk adik-adik menyerah dalam kesuksesan. Kita semua berhak untuk sukses demi orang-orang terkasih sekitar kita. Materi bisa kita cari, modal utama kita adalah semangat dan tekad untuk sukses karena kita akan banyak membantu orang-orang terkasih kita. Usahakan adik-adik masuk Perguruan Tinggi Negeri karena beasiswanya cukup banyak untuk adik-adik punya peluang dalam mendapatkannya. Ayo Semangat SUKSES MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI.

HAL YANG TADINYA TIDAK MUNGKIN, MENJADI MUNGKIN ATAS IZIN ALLAH SWT
DENGAN USAHA KITA, DOA KITA, SEMANGAT DAN TEKAD KITA

Penulis
Muhamad Nur Sahid
(Alumni SMAN 94 Jakarta)

Alumni SMAN 94 Di Undip : Personil Alumni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Terbaru

About

alumni94jtngdiy's  album on Photobucket